Senin, 08 November 2010

How to : Trik mengakali hang saat Login PClinuxOS

Trik ini aku coba di komputer sendiri dengan spesifikasi berikut :
1. Intel P4 2.4 Ghz
2. 512 MB RAM
3. VGA Intel 845
4. Soundblaster 16bit

berawal dari rasa tak nyama dari beberapa distro yang terasa berat di jalankan di mesin dengan umur seperti diatas. Ahinrnya pilihan jatuh pada PCLinuxOS 2009 KDE. Ringan dan penuh aplikasi serta codec multimedia. Namun yang jadi masalah adalah jika di boot dalam mode normal akan selalu berhenti sampai proses login saja, namun jika kita pilih safe mode VESA maka booting lancar. Maka dengan mode iniliah proses install dijalankan dan ternyata tidak ada kesan grafis rendah serta proses install lancar. Nah yang jadi masalah adalah ketika kita selesai instal dan hanya ada dua menu di untuk booting linux tanpa ada pilihan untuk grafik VESA. Sempat mentok dan hampir mo ganti, tapi teringat dengan LIVE CDnya yang lancar dengan mode VESA, maka kita bisa aja kopi koonfigurasi grafis dari LIVE CD ke harddisk yang telah kita install PClinuxOS tadi. Caranya simpel karna pada dasarnya hanya menduplikasi sebuah file xorg.conf berikut :
1. dengan grafis
login sebagai root, kemudian masuk direktori CD-ROM atau file system yang berjalan dan telah d mounting misal /dev/cdrom/X11/xorg.conf atau lainya.
kemudian pastekan ke harddisk berisi PClinux yang telah terinstall tadi. Jika berhasil kemudian restart dan mari nikmati PClinuxOS di depan meja kerja..,


Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.